Powered by Blogger.

Sunday, February 24, 2013

Beberapa hal yang membuat blog kita lemot


Udah dari kemarin-kemarin ni pengen ngetik tentang hal ini,tp baru kesampaian sekarang.
Jengkel bener kalo blog kita lemot sewaktu diakses...
Ini saja saya masih bingung gimana cara membuat blog saya cepet sewaktu diakses oleh pengunjung atau oleh saya sendiri,,saya pernah mencoba pake script javascript yang katanya bisa membuat blog kita cepat sewaktu diakses,tapi kenyataannya sama saja,,,
Tetap lemot lemot dan tambah lemot...
Apa lagi setelah saya mencoba-coba program PPC (pay per click) yang pastinya saya harus menambahkan script dari program itu,blog saya semakin lemot saja...
Lemot banget malah,,banget banget dan lemot benget..sampai-sampai page yang ke-load cuma page diatas tempat saya meletakkan script dari program PPC tersebut.
Dulu saya juga pernah tu,mencoba-coba nambahin widget-widget yang bikin saya penasaran (maklum beginner), saya tambahkan dah tu widget,widget-widget yang sebenarnya sangatlah tidak saya butuhkan.
Saya pasang,dan akhirnya...blog saya sangat lemot sekali (lola) ketika mencoba di refresh,cuma muter-muter aja tu icon bufer,...nggak nampilin suatu content apapun kecuali Title doang..
haha
PARAH
Tapi saya beruntung dan bersyukur karena perasaan ingin tau dan coba-coba,saat ini saya sedikit tau hal-hal apa saja yang membuat blog saya lola alias lemot sewaktu diakses dan ini akan menjadi sebuah koreksi bagi saya.
:D
Ini dia sedikit hal-hal yang membuat blog saya lemot :

1. Karena Terlalu Banyak Widget / Gadget. 
Terlalu banyaknya widget / gabget yang kita pasang semakin lola tu blog kita. Selain membuat lola (loading lama), terlalu banyak widget yang terpasang malah membuat tampilan blog kita jadi berantakan (suer deh gak bo'ong).
Jadi perlu petimbangan dulu ni seberapa besar manfaatnya buat blog kita, sebelum kita pasang tu widget-widget. Jangan sampe nyesel..
:D

2. Karena adanya iklan / program PPC
Mungkin kita sering berpikir gimana cara menghasilkan duit dengan blog kita. Nah akhirnya kita coba tu program PPC (Pay Per Click). Sampe-sampe kita coba asal-asalan daftar program PPC,terus langsung saja kita embed tu script dari program PPC tersebut (Seperti saya yang masih mencoba-coba). Eiitzz tunggu sebentar, wait a minutes... Jangan asal-asalan naroh script program PPC di blog kita bro, ntar ujung-ujungnya blog kita lola banget (uda saya ketik tu diatas "nggak nampilin suatu content apapun kecuali Title doang". Saran saya sih coba daftar program PPC yang emang uda terpercaya and uda terbukti nggak beratin blog kita "Ex: Google Adsense" (uwis tak teliti :D and saya coba daftar ditolak terus).

3. Artikel hasil Copas (copy paste)
Nah mungkin ada yang bertanya-tanya ni kenapa saya bisa ngetik ni penyebab.
Asal kalian tau aja ya,artikel hasil copas gak hanya bikin blog kita bisa dibanned oleh google,tapi bisa juga membuat blog kita semakin lemot ketika diakses.
Apalagi apabila kita copas artikel yang ada unsur graphic-nya, blog kita bisa saja akan menjadi sangat-sangat lemot ketika diakses. Ini mungkin karena kita copas image dari server yang berbeda dan server tersebut lagi down or emang servernya bandwithnya uda mau abis kali. haha (JK)
Saya saranin sih kalo mau copas yang ada unsur graphic-nya,kita upload sendiri tu graphic (save image as > upload sendiri di blog). Hhahaha...ngajari elek.. :D

4. Pemilihan Template
Pemilihan template gak luput dari topik kita kali ini,template merupakan salah satu modal untuk membuat pengenjung kita betah berada di blog kita. Tapi ya jangan asal-asalan template kita pasang bro,cuma karena tempalate-nya indah,bagus,dan sesuai tema kita langsung kita pasang.
Coba lakukan uji coba dulu sama template yang kita pasang,membuat blog kita lemot apa kagak.
Cek juga tu dimana kita dapet template itu,disitu ntar ada comment-comment yang bisa kita jadikan bahan pertimbangan kita sebelum memasang template-nya..
Kalo comment-comment-nya jelek-jelek gimana coba? (tapi kayanya sekarang orang-orang kalo comment gak ada yang jelek  tu ya??) :D haha
Saya dulu juga pernah tu nyoba-nyoba template,dan ternyata berat sekali tu template di load. Saya kira sih itu karena jQuery yang dipake di template itu.

Haha..ternyata gak cuma bahasa hal-hal yang membuat blog lemot,tapi juga bahas pemilihan template :D

Wah apalagi ya??
Emm..sementara ini dulu ajalah..
Baru cuma segini yang saya temuin dihari-hari saya.. :D
Mungkin ada yang bisa nambahin??
hehehe


Achmad Fatkur Rachman's Blog

Mungkin kamu tertarik, Baca juga yang ini!!


Loading...

6 comments:

  1. hal - hal seperti itu toh yang membuat blog lemot baru tahu nihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kurang lebihnya seperti itu,,,
      saya sih nemuinnya baru segini...
      :D

      Delete
  2. saya mengalami hal aneh gan, semenjak album picassa diredirec ke account google+ blog jadi lemot sangat. ketika loading saya check di bawah 3.bp.blogspot <--- penyebabnya URL gambar yg membuat lemot dan lama loading, padahal itu gambar kan hasil upload di blogspot jg yg secara otomatis tersimpan di album picassa.

    kejadian ini sudah 3 hari ini, gejala awal migrasi picassa redirec ke G+ ditandai dengan tidak munculnya gambar pada widget slideshow otomatis saya, kemudian tidak bekerjanya widget recent comment yg pake thumbnail gambar. Terpaksa saya copot semua itu widget dan saya ganti dengan yg tanpa gambar.

    entah ada apa dgn google. skrg masuk ke account album picassa aja udah ga bisa, langsung dialihkan ke account Google+ dan semua album blog ada sisitu semua.

    apa saya sendiri yang mengalami atau adakah orang lain yg mengalami hal yg sama seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mengalami gan, lihat aja tu recent comment jadi gak bisa tampil,,,
      tapi kalo masalah blog lemot,sepertinya blog saya sama saja seperti biasanya (ndak lemot),,
      itu uda lebih dari 3hr kok,1bln yang lalu album saya yang ada di picasaweb uda di redirect ke album g+..

      Ndak cuma kamu yang anglamin gan,,

      Delete

 

Achmad Fatkur Rachman's Fb Page

Followers

  PageRank Checker