Powered by Blogger.

Thursday, October 18, 2012

Menjadi Webmaster masih belum terlambat

Internet adalah media masa depan khususnya website. Dengan adanya website, informasi bisa didapat dengan cepat dan mudah. Tiap hari, tiap detik, website-website baru bermunculan tidak peduli itu blog, personal page, service dll. Bahkan, pada saat ini setiap website mempunyai ciri tersendiri dimata kita. Itu karena dunia web sudah memasuki era web 2.0.

Ada website tentu ada tukang kayunya, atau biasa disebut webmaster. Bayangkan jika jagad web tanpa ada webmaster, mungkin tidak akan seperti sekarang ini, bahkan mungkin website tidak akan menjadi media lagi. Pada masa mendatang, webmaster menjadi profesi individual seseorang yang menggeluti dibidang media, mengapa saya mengatakan demikian ? karena web sekarang ini sudah menjadi media yang sesungguhnya. Untuk itu, saya perlu membahasnya sekarang dan kedepannya.

Menurut saya, saat ini webmaster telah terbagi menjadi beberapa bagian :

  • Web Designer
    Adalah seseorang yang merangcang suatu halaman web, baik tampilan ( CSS dan layout ), gaya programming, dan aksebilitas.
  • Web MarketerAdalah seseorang yang menggeluti dunia marketing website, termasuk SEO, link exchange. Perbedaanya dengan blogger adalah jika blogger menggunakan cara umum, web marketer menggunakan cara-cara special, seperti penggunaan gaya programming tersendiri.
  • Web2.0 DeveloperKarena fungsi utama dibuatnya web 2.0 adalah aksebilitas atau kecepatan serta layanan, maka seorang web2.0 developer harus menguasai tehnik-tehnik RIA ( Rich Internet Applications lihat postingan saya tentang web2.0) seperti ajax, DHTML, XFORM serta penguasaan bahasa web tingkat lanjut ( XHTML, CSS 2.0 dan Advanced ). Kemungkinan besar web2.0 developer dibutuhkan untuk masa depan.
Seorang webmaster juga harus mengupdate kemampuannya dibidang penguasaan bahasa web. Karena w3c sendiri selalu mengembangkan standar bahasa web dan membuat bahasa web yang baru, maka saya sarankan supaya selalu mengupdate ilmu di situs itu.

Pelajaran pertama ala sayaJika anda ingin menjadi webmaster sejati, mulailah belajar web design dulu. Untuk itu saya menganjurkan agar melakukan poin-poin berikut :
  • Punya komputer
    Web dibuat dengan komputer, tanpa komputer semuanya sia-sia. Bahkan internetpun hidup berkat adanya komputer. Saya sarankan agar mempunyai komputer sekelas pentium III atau keatas.
  • Punya software web server
    Software web server sangat penting untuk melatih kemampuan kita agar terbiasa dengan keadaan Jagad web saat online. Banyak software atau aplikasi open source bertaburan diinternet. Saya biasa menggunakan Apache untuk membuat web. Anda lebih baik mempunyai software server yang mencakup kebutuhan semua, termasuk pengolahan database, web server dll. Saya menggunakan Wampserver, bukan hanya lengkap tapi juga tidak banyak menghabiskan resource komputer. Menurut saya, WampServer lebih baik daripada PHPtriad yang populer itu.
  • Punya Software editorSoftware editor adalah software untuk membuat semua yang berhubungan dengan web, mulai HTML editor, CSS editor, Script editor. Software editor terbagi atas dua yaitu GUI dan text. Untuk menulis bahasa web / scripting ( client: HTML, XHTML, XML, CSS, javascript dll server: PHP, ASP, Perl, JSP dll ) saya biasa menggunakan Notepad2.0 (^_^). Atau bisa juga pnotepad. Untuk software GUI, saya biasa menggunakan software AStyle untuk CSS dan Microsoft Frontpage / Dreamwaver untuk HTML dan sejenisnya.
  • Punya Software Image EditorUntuk menjadi webmaster zaman sekarang, software image editor seperti Photoshop dan ImageReady untuk gif adalah penting. Apalagi web2.0 adalah surga graphic. Jadi kita harus pintar-pintar membuat graphic yang enak dipandang mata.
  • Penguasaan bahasa web.Tak kenal maka tak sayang. Jika kita ingin mengenal seseorang, kita harus berkenalan dengan seserang itu menggunakan bahasa. Dalam dunia webpun kita harus mengenal bahasa web. Bahasa web dibagi menjadi dua yaitu client dan server. Untuk client, bahasa yang pertama harus dipelajari adalah HTML dan CSS, kita bisa belajar di w3c. Untuk server, kita bisa mempelajari PHP atau ASP.
Setelah kita mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menjadi drunken master webmaster, marilah kita berdoa sebeum belajar. He..he.. he.. Untuk postingan selanjutnya, saya akan memberikan tutorial-tutorial mengenai bahasa web.

Sumber :  http://raitucarp.blogspot.com/2008/01/menjadi-webmaster-masih-belum-terlambat.html


Achmad Fatkur Rachman's Blog

Mungkin kamu tertarik, Baca juga yang ini!!


Loading...

0 comments:

Post a Comment

 

Achmad Fatkur Rachman's Fb Page

Followers

  PageRank Checker