Powered by Blogger.

Tuesday, July 9, 2013

Membuat Custom Search Engine Google di Blog (blogger)

haduh,,, gara-gara tadi malem bingung ngebuat custom search engine google ni baru bangun tidur jam  8.. pake acara diguyur air sama mamak... ampun mak,,, :D hehehe (NASIB)
coba ngebuat aja sampe jam 2.15 baru tidur...
Browsing sana-sini gak dapet tutorial yang bisa saya jalankan, terus ada tutorial yang ribet banget (jadi males makenya)... akhirnya saya punya inisiatif sendiri buat coba-coba (sebenernya males buat, sudah malem) :D hehehe..
Oiya ni saya mau cerita sedikit lagi...
Ada yang tau gak kenapa saya pengen buat CSE Google?
Semoga ada yang tau... :D
Kalo belum ni saya kasih tempe, eh salah,,, kasih tahu...
Begini lo, saya tu gak tau kenapa tiba-tiba kepikiran search engine google... nah terus saya tu teringat kalo google tu nyediain fasilitas CSE,, Nah karena itu saya mau coba buat / ganti search engine blog saya ini jadi Custom Search Engine dr Google..
Selain itu juga kalo dipikir-pikir masang CSE sama aja kita bisa jadiin blog kita lebih di sukai sama Search Engine (terutama Google).. Lha kok?!
hehe
Coba bayangin aja,,, sering banyaknya blog artikel blog kita di cari di search engine tu kan pasti nanti artikel / blog kita jadi semakin mudah buat terindeks di search engine.. bener gak??
kalo gak percaya coba blog punya ente tiap hari selama satu minggu / dua minggu ajalah coba di cari keyword-nya di search engine...
Nanti bakal bisa terindeks di search engine dengan mudah...
Saya dulu uda pernah coba-coba,,
Ni saya uji coba lagi,, blog saya sekarang jadi peringkat nomer satu buat keyword ini..

Sublime Text 2 with Licensi Key
Tu bisa diliatkan??

Oke sekarang mulai aja langkah-langkah membuat CSE (Custom Search Engine) Google di blogspot ini menurut cara saya sendiri yang cukup simple dan gak pake edit template yang terlalu rumit segala..
Hahaha PE to the DE = PD :D

Oke begini caranya:
Login ke akun google-mu (kalo uda buka blogger brrti uda connect semua ke fasilitas google yang lain).
  1. Baut CSE Google di sini, lalu isikan data yang diperlukan kemudian klik buat
  2. Kalo uda jadi sekarang kamu copy aja code yang muncul.

  3. Setelah di copy sekarang buka blogger, kemudian buat entri baru (buat posting) kasih judul posting terserah ente, mau search on my site / search doang juga gpp.
    Code yang tadi sekarang paste di form input postingnya, tp ganti dulu ke mode HTML.

    Oiya ubah opsi yang disampin kanan juga (Pilihan), yang terpenting ubah jadi Tafsirkan HTML yang diketik.Sekarang Publish, kemudian copy link url posting td..
    Sebenernya bisa juga buat page / halaman baru, tp karena saya gunain fungsi readmore otomatis punya saya ndak bisa buat halaman baru secara sempurna, makanya saya buat entri baru saja. :D
  4. Tadi kan uda di copy link url-nya, sekarang kita sedikit mengubah code di template kita.
    Buka template, klik edit html kemudian cari (ctrl + f) kata search / searchbox (Searchbox blog kita).Kalau uda ketemu sekarang ganti form action-nya dengan url posting kita tadi (tinggal blok terus paste link kita posting kita tadi), kalau sudah ya tinggal di save...
  5. Lakukan pengecekan apakah berhasil ato tidak... coba cara keyword blog ente di search blog ente.. Ni punya ane yang akhirnya berhasil setelah coba-coba buat beberapa jam,,,

    Dan Akhirnya Berhasil!
    :)
Sudah ya,,, semoga bisa sedikit membantu cara saya yang cukup simple ini... meskipun penjelasannya kemungkinan membuat anda-anda sekalian bingung,,,
:D
hahaha

See you...
.: Achmad Fatkur Rachman :.


Achmad Fatkur Rachman's Blog

Mungkin kamu tertarik, Baca juga yang ini!!


Loading...

3 comments:

 

Achmad Fatkur Rachman's Fb Page

Followers

  PageRank Checker