Powered by Blogger.

Tuesday, March 12, 2013

Tim Pengembang Web



Sebelumnya saya minta maaf karena artikel ini hasil copas,artikel ini bersumber dari bernard-very.com. Membentuk Tim Pengembangan Web saat ini adalah mimpi saya.Saya copas artikel ini dengan maksud untuk menyebarkan ilmu / pengetahuan tentang sebuah Tim Pengembangan Web. Saya-pun masih belum mengerti bagaimana membangun sebuah Tim Pengembangan Website, dan saya saat ini masih mencari-cari sedikit pengetahuan tentang Tim Pengembangan Web.Karena artikel ini menyimpan sedikit (saya katakan sedikit karena ilmu itu tak ada batasnya dan sangat banyak sekali meskipun hanya salam satu bidang) ilmu pengetahuan tentang Tim Pengembangan Web,jadi apa salahnya apabila ilmu ini dibagikan,supaya bagi siapapun yang ingin belajar dapat mempermudah dalam memperoleh pengetahuan yang mereka inginkan tentang dunia web.

Membuat web untuk berbagai klien seperti perusahaan, komunitas, universitas, sekolah, dll sepertinya sangat mudah untuk dilakukan melihat banyak sekali kode program web yang bersifat open source yang dengan mudah kita unduh, kemudian kita lakukan kustomisasi pada beberapa bagian supaya sesuai dengan keinginan klien kita. Tetapi tahukah anda sebuah tim diperlukan untuk membuat dan mengembangkan sebuah web?.
Berikut tim-tim kecil yang tergabung ke dalam tim besar sebuah Pengembang web:
  • Project stakeholder or sponsor
  • Web project manager
  • Usability lead
  • Information architect
  • Art director
  • Web technology lead
  • Site production lead
  • Site editor

A. Project stakeholder or sponsor


Sponsor proyek atau stakeholder adalah orang atau kelompok yang bertanggung jawab untuk menentukan dari mana web harus dimulai. Biasanya sponsor adalah klien atau pelanggan.
Sponsor menyediakan :

  • Visi dan tujuan strategis secara keseluruhan untuk proyek pengembangan situs
  • Menyetujui rencana kontrak atau kerja
  • Bertanggung jawab atas anggaran dan jadwal proyek
  • Menyediakan sumber daya untuk mendukung pekerjaan tim & pengembangan situs.

B. Web project manager


Manajer proyek web mengkoordinasi dan mengkomunikasikan teknis pelaksanaan proyek situs web sehari-hari bertindak dalam batasan dan tujuan proyek, anggaran proyek, jadwal pembuatan, dan sasaran mutu yang ditetapkan dalam perencanaan tahap.
Manajer proyek adalah anggota tim yang bertanggung jawab untuk menjaga kegiatan tim secara keseluruhan agar tetap fokus pada tujuan strategis situs yang telah disetujui.
Memantau lingkup kegiatan proyek untuk memastikan bahwa tim tetap “pada waktu dan anggaran.”
Manajer proyek bertindak sebagai kontak utama antara tim web dan sponsor dan mengelola komunikasi secara keseluruhan antara kreatif, teknis, dan produksi elemen dari tim situs web.

Gantt charts untuk web project


C. Usability lead

Membentuk keinginan & pengalaman pengguna secara keseluruhan.
Berkaitan erat dengan desain informasi pada kenyataan.
Sebagai advokat pengguna utama terhadap tim pengembang.
Melakukan penelitian & pengujian terhadap kebutuhan pengguna, karakteristik pembangunan, dan standar kegunaan umum untuk proyek situs.
Pada tahap awal desain, tim ini bertanggung jawab untuk menjalankan wawancara, studi lapangan, dan tes kegunaan/manfaat untuk menentukan karakteristik dan skenario untuk menginformasikan persyaratan proyek.
Setelah desain dikonsep ke dalam bentuk diagram, wireframes, dan prototipe, Kepala tim ini melakukan tes desain dengan pengguna dan mengumpulkan umpan balik untuk para desainer dan pengembang situs.
Dalam tahap akhir proyek, kepala tim mengevaluasi efektivitas desain melalui studi lapangan tambahan dan pengujian pengguna dan memastikan bahwa tujuan kegunaan umum terpenuhi.
Kepala tim juga bertanggung jawab untuk mengevaluasi keberhasilan proyek (Apakah situs mencapai tujuan?
Apakah pengguna puas dengan desain) dan?
Dari hasil pengukuran (Apakah pengguna menjadi lebih banyak mengunjungi situs tersebut? Apakah situs menghasilkan pendapatan lebih?).


D. Information architect

Arsitek informasi situs web mengatur dan mengkategorikan struktur situs dan konten.
Para arsitek informasi bekerja paling aktif di awal desain dan tahap perencanaan proyek, yaitu
mengembangkan skema kategorisasi konten, konsistensi terminologi situs, struktur konten di seluruh situs, dan diagram arsitektur situs yang menjelaskan perencanaan situs secara keseluruhan untuk kedua pihak baik sponsor dan anggota tim web.
Arsitek informasi juga bekerja sama dengan desainer situs untuk merancang halaman berupa “wireframes,” yaitu diagram yang menunjukkan bagaimana berbagai bidang halaman tersebut akan digunakan untuk mendukung identitas situs, navigasi, dan konten halaman.


Gambar di bawah ini merupakan desain situs Web yang abstrak.
Perencanaan diagram seperti wireframes adalah sarana penting untuk menyampaikan ide-ide tentang struktur situs.

E. Art director

Tanggung jawab utama art director adalah mengenai tampilan dan nuansa situs web, menentukan tipografi situs, desain antarmuka visual, standar warna palet, rincian tata letak halaman, dan keterangan tentang bagaimana grafis, fotografi, ilustrasi, dan audiovisual media yang merupakan unsur-unsur situs dipakai bersama untuk membentuk suatu keseluruhan yang terpadu.
Pada tahap pengembangan situs dan perencanaan art director menciptakan atau mengawasi penciptaan sketsa desain yang kompleks untuk menggambarkan proposal desain untuk sponsor proyek dan tim web.

Gambar diatas menunjukkan proses dari desain wireframe di rubah menjadi desain visual


F. Web technology lead

Memiliki pemahaman yang luas tentang web publishing, bahasa pengembangan dan kerangka kerja pengembangan web, pilihan web database, dan teknologi jaringan.
Bertindak sebagai jembatan, penerjemah, dan komunikator antara teknologi dan unsur-unsur kreatif dan proyek tim manajemen.
Menciptakan cetak biru untuk koleksi teknologi yang akan mendukung situs web yang dipilih sebagai kerangka teknologi, termasuk manajemen konten, rss (Really Simple Syndication) atau xml (Extensible Markup Language) format konten, integrasi database dan dukungan, pemrograman web, dan integrasi dengan aplikasi lain atau database yang menyediakan konten atau fitur interaktif ke situs web.
Menyediakan arsitektur pengolahan data primer untuk proyek, menentukan spesifikasi teknis untuk kerangka pengembangan web secara keseluruhan, menilai strategi pengembangan dan tujuan, dan mencocokkan kebutuhan untuk solusi teknologi yang tepat.
Dalam proyek-proyek besar memimpin teknologi web biasanya mengelola tim insinyur yaitu programmer, jaringan atau server, database administrator, penguji jaminan kualitas perangkat lunak, dan profesional teknologi informasi lain yang mendukung produksi dan tim desain.

G. Site production lead

Mengubah maket awal halaman web situs, desain, dan wireframes ke dalam halaman html.
Setelah situs telah direncanakan dan desain dan rencana arsitektur informasi telah selesai, Kepala tim ini mengelola pekerjaan membangun halaman situs, baik secara langsung di html “polos” atau dalam sebuah sistem manajemen konten web (cms) atau menggunakan software web seperti Adobe Dreamweaver.
Berkoordinasi dengan tim teknis situs, kepala tim ini biasanya bertanggung jawab untuk membuat template halaman utama dalam xhtml (Extensible Hypertext Markup Language) dan Cascading Style Sheets (css), memvalidasi kode halaman, dan menggabungkan hasil pekerjaan arsitek informasi dan desainer grafis situs ke dalam template halaman lengkap yang siap untuk diisi dengan konten.
Mengelola staf desainer web yang mengisi halaman dengan konten, mengintegrasikan teks, grafis, dan elemen audiovisual pada setiap halaman dan menghubungkan halaman ke situs web yang lebih besar dan (biasanya) ke halaman web lain pada internet.

H. Site editor

Editor situs memiliki tanggung jawab terhadap keseluruhan konten yang tertulis dan kualitas editorial dari situs yang sudah selesai.
Editor situs menciptakan nada editorial untuk situs web, menentukan pedoman gaya, dan bekerja dengan klien dan ahli konten untuk mengumpulkan, mengatur, dan memberikan teks final untuk tim produksi.
Aspek teknis dari format konten sangat penting dalam situs dimana isinya disampaikan melalui cms, xml, atau dari link dinamis ke database konten.


Seluruh tim diatas bekerja sesuai urutan kerja yang teratur dimana terdapat tim yang bekerja pada tahap perencanaan, seperti Tim Usability, Tim Information Architect, Tim Art director dan Tim Web Technology kemudian tahap proses seperti Tim Site Production dan tahap akhir adalah tim Site Editor.

Source : bernard-very.com


Achmad Fatkur Rachman's Blog

Mungkin kamu tertarik, Baca juga yang ini!!


Loading...

0 comments:

Post a Comment

 

Achmad Fatkur Rachman's Fb Page

Google+ Followers

Followers

  PageRank Checker